Jumat, Mei 29, 2009

custom shaped bokeh

Apa itu bokeh? Silakan lihat di wikipedia untuk lebih jelasnya.
Bokeh (derived from Japanese, a noun boke 暈け, meaning "blur" or "haze") is a photographic term referring to the appearance of point of light sources in an out-of-focus area of an image produced by a camera lens using a shallow depth of field. Different lens bokeh produces different aesthetic qualities in out-of-focus backgrounds, which are often used to reduce distractions and emphasize the primary subject.

Karena terinspirasi dengan salah satu topik bahasan di milis id-NikonD40/x/60 tentang bokeh yang ternyata bentuknya bisa diubah-ubah sesuka kita, muncul deh niat untuk isenk coba-coba. Awalnya sempat ragu apakah trik yang digunakan bisa diterapkan pada lensa dengan apertur kecil (lensa saya paling gede cuma f/4.0), soalnya contoh-contoh yang ada hampir semuanya menggunakan lensa berapertur besar. Tapi setelah dicoba ternyata bisa juga kok meskipun bentuk bokehnya kurang tajam, dan hasilnya terlihat seperti di bawah ini.


Olah digital pada foto tersebut di ACDSee sekedar crop, level, HSL. Bokeh berbentuk not-balok di atas bunga muncul karena pada bagian depan lensa saya letakkan selembar karton yang bagian tengahnya telah dibolongi dengan menggunakan puncher berbentuk not-balok. Di Bandung, puncher seperti ini bisa dibeli di Gramedia, Celebrate (dago), atau toko-toko yang menyediakan perlengkapan handycraft lainnya.



Jika masking pada bagian depan lensa dilepaskan, hasil fotonya seperti di bawah ini. Sori agak over-exposured gambar bunganya, pake mode-M lupa naekin shutter-speed. Tapi yang perlu diperhatikan bokehnya doank sih... jelir

Poskan Komentar