Sabtu, April 12, 2008

Balawan @ GME 2008

Kemarin sore sekitar jam 6, APRES-ITB (Unit Apresiasi Musik) ngadain acara tahunan Ganesha Music Event 2008 di lapangan basket Campus Center ITB. Acara ini merupakan sarana bagi anak-anak APRES nampilin kebolehan mereka maenin musik. Tapi jujur aja yha, sebagian besar musik yg ditampilkan bukan genre musik selera saya, tapi dengan sabar saya tetep nunggu sampe acara berakhir. Kenapa? Karena "provokasi" sang MC yg bilang klo di akhir acara ada guest star yg mantap banged. Siapakah dia? ^^


Hohoho~ ternyata guest starnya adalah kolaborasi antara Maha Gotra Ganesha (Unit Kesenian Bali di ITB), Trio Balawan (gitar, bass, drum), dan Didit (pemain biola tambahan). Nah kan, kombinasi alat musik yg pastinya bikin kita penasaran hasilnya kayak gimana. Dan status "penasaran" dijamin bakal meningkat jadi "wajib nonton" karena ada Balawan.


Balawan? Siapa dia? Mungkin beberapa dari temen-temen ada yg nanya kayak gitu. Yup, saya juga baru pertama kali dengar nama itu kemarin. Tapi kalo dah liat dia maenin gitar, WOW! pasti kita langsung nyadar klo dia adalah salah satu gitaris Indonesia yg RUARRR BIASAAA... Di awal penampilannya, penonton sampe gak ada yg goyang, karena TERPANA, BENGONG, dan GELENG-GELENG KEPALA liat Balawan maenin dua buah gitarnya (ya! dia make 2 gitar bo'!) dengan cara yg gak lazim banget, yaitu dengan finger tapping pada fret gitar.


Sebagian besar musik yg dimaenin oleh kolaborasi ini, bertempo sangat cepat, dan bikin pikiran melayang~ Oiya yg kerennya lagi, di beberapa sesi musik, si Balawan (dgn gitarnya) seolah-olah duel dengan tim Maha Gotra Ganesa (dgn "gamelan" dan "gendang" nya). Entah tuh gitarnya dipasangin efek apaan, yg jelas bisa aja niru2 suara "gamelan" dan "gendang" nya MGG.

Yang paling seru pas Balawan "duel" dengan Didit, yg skill maenin biolanya gak kalah "gila". Mereka adu keren maenin beberapa nada dgn speed "dewa", dan di akhirnya mereka saling "bertukar" pegang senar di alat musiknya masing-masing. TWO THUMBS UP FOR THEM!

Beneran deh gak rugi kemaren saya bela-belain nonton sampe abis (sekitar jam 11 malem), berasa nonton "dewa gitar yg turun ke bumi" ^o^ Btw ngeliat improvisasi permainan gitar yg mengalir banget dari I Wayan Balawan, saya jadi inget sama gaya ngegitarnya temen lama semasa SMA dulu (dan 3 taon sekelas! ^^). Bang Erwin, pakabar nih? :)
Poskan Komentar
Google+